Etika dalam berbisnis

Etika bisnis sangat dibutuhkan oleh semua pengusaha baru maupun pengusaha yang sudah lama terjun di dunia bisnis. Dengan tujuan bagi pengusaha adalah untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para pengusaha atau pelaku bisnis untuk menjalankan good business dan tidak melakukan monkey business atau dirty business. Hal tersebut dapat merugikan banyak pihak yang terkait.

Para pelaku bisnis memiliki aturan yang dapat mengarahkan mereka dalam mewujudkan citra dan manajemen bisnis yang baik sehingga dapat diikuti oleh semua orang yang memercayai bahwa bisnis tersebut memiliki etika yang baik. Selain itu, dapat juga dapat menghindari citra buruk seperti penipuan, serta cara kotor dan licik.

Manfaat etika dalam berbisnis

·         Pengendalian Diri

Pelaku bisnis harus mampu mengendalikan diri mereka untuk tidak memperoleh apapun dari siapapun dalam bentuk apapun.


·         Pengembangan Jati Diri

Dengan memahami etika yang baik, setiap pebisnis dapat membentuk sebuah jati diri perusahaan sehingga akan memberikan dampak yang cukup besar bagi perusahaan seperti matangnya konsep bisnis perusahaan sehingga membuat bisnis dapat berjalan dengan lancar.

·         Suasana Persaingan Sehat

Persaingan bisnis yang ketat baik terjadi pada internal atau eksternal perusahaan. Hal tersebut dapat diatasi dengan sehat jika  memiliki kesadaran atas etika bisnis serta tanggung jawab yang baik saat akan menjalankan suatu bisnis. Sehingga hal ini dapat membuat bisnis tersebut mampu bersaing di tengah persaingan yang ketat.

·         Sikap Saling Percaya

Dengan adanya sikap saling percaya antar individu maka akan memberikan kelancaran pada suatu bisnis.

·         Kepentingan Bersama

Dengan kesadaran etika pada tiap individu, akan berdampak pada pelaku bisnis untuk lebih memperhatikan kepentingan bersama daripada kepentingan individu. Sehingga untuk mewujudkan tujuan atau meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis tidak begitu sulit.

·         Kenyamanan dalam Berbisnis

Kenyamanan berbisnis ini dapat mendorong pelaku bisnis untuk bekerja lebih optimal sehingga memberikan dampak positif bagi bisnis seperti tercapainya tepat waktu. Hal ini pun dapat juga memberikan peran penting dalam meraih kesuksesan dalam berbisnis

Etika bisnis dalam marketing

Bisnis tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pemasaran. Sebab pemasaran merupakan aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan atas program-program yang dirancang untuk menghasilkan transaksi pada target pasar, guna memenuhi perorangan atau kelompok berdasarkan asas saling menguntungkan.

Aktivitas pemasaran harus didasari pada etika dalam bauran pemasarannya. Salah satu nya yaitu etika pemasaran dalam konteks produk, yaitu :

·         Produk yang halal dan thoyyib;

·         Produk yang berguna dan dibutuhkan;

·         Produk yang berpotensi ekonomi atau benefit;

·         Produk yang bernilai tambah yang tinggi;

·         Dalam jumlah yang berskala ekonomi dan sosial;

·         Produk yang dapat memuaskan masyarakat.

Dalam etika pemasaran tersebut, Anda dapat melakukan suatu bisnis dengan seperti mengikuti suatu jenis marketing affiliasi yang bergabung dengan jaringan dalam memiliki etika tersebut. Contohnya jaringan terbaik yang sudah terkenal dalam program affiliasi nya yaitu jaringan TAXSIA.

Terlebih lagi di dalam taxsia menyediakan berupa jenis affiliator non blogger yang dapat membantu dalam menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal seperti tujuan bisnis yaitu sama-sama saling menguntungkan.

Sekian paparan mengenai etika dalam berbisnis. Dengan memiliki etika yang baik, perusahaan akan memiliki daya saing yang tinggi hingga memiliki kemampuan dalam menciptakan nilai. Untuk menciptakan etika bisnis, Anda harus memulainya dengan perencanaan yang strategis, organisasi yang baik dan sistem prosedur yang transparan. Semoga bermanfaat 

Share:
Location: Indonesia