Etika
bisnis sangat dibutuhkan oleh semua pengusaha baru maupun pengusaha yang sudah
lama terjun di dunia bisnis. Dengan tujuan bagi pengusaha adalah untuk
mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para pengusaha
atau pelaku bisnis untuk menjalankan good business dan tidak
melakukan monkey business atau dirty business.
Hal tersebut dapat merugikan banyak pihak yang terkait.
Para
pelaku bisnis memiliki aturan yang dapat mengarahkan mereka dalam mewujudkan
citra dan manajemen bisnis yang baik sehingga dapat diikuti oleh semua
orang yang memercayai bahwa bisnis tersebut memiliki etika yang baik. Selain
itu, dapat juga dapat menghindari citra buruk seperti penipuan, serta cara
kotor dan licik.
Manfaat etika dalam berbisnis
·
Pengendalian
Diri
Pelaku bisnis harus mampu mengendalikan diri mereka untuk tidak memperoleh apapun dari siapapun dalam bentuk apapun.
·
Pengembangan
Jati Diri
Dengan
memahami etika yang baik, setiap pebisnis dapat membentuk sebuah jati diri
perusahaan sehingga akan memberikan dampak yang cukup besar bagi perusahaan
seperti matangnya konsep bisnis perusahaan sehingga membuat bisnis dapat
berjalan dengan lancar.
·
Suasana
Persaingan Sehat
Persaingan
bisnis yang ketat baik terjadi pada internal atau eksternal perusahaan. Hal
tersebut dapat diatasi dengan sehat jika memiliki kesadaran atas etika
bisnis serta tanggung jawab yang baik saat akan menjalankan suatu bisnis.
Sehingga hal ini dapat membuat bisnis tersebut mampu bersaing di tengah
persaingan yang ketat.
·
Sikap
Saling Percaya
Dengan
adanya sikap saling percaya antar individu maka akan memberikan kelancaran pada
suatu bisnis.
·
Kepentingan
Bersama
Dengan
kesadaran etika pada tiap individu, akan berdampak pada pelaku bisnis untuk
lebih memperhatikan kepentingan bersama daripada kepentingan individu. Sehingga
untuk mewujudkan tujuan atau meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis tidak
begitu sulit.
·
Kenyamanan
dalam Berbisnis
Kenyamanan
berbisnis ini dapat mendorong pelaku bisnis untuk bekerja lebih optimal sehingga
memberikan dampak positif bagi bisnis seperti tercapainya tepat waktu. Hal ini
pun dapat juga memberikan peran penting dalam meraih kesuksesan dalam berbisnis
Etika bisnis dalam marketing
Bisnis tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pemasaran. Sebab
pemasaran merupakan aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan atas
program-program yang dirancang untuk menghasilkan transaksi pada target pasar,
guna memenuhi perorangan atau kelompok berdasarkan asas saling menguntungkan.
Aktivitas pemasaran harus didasari pada etika
dalam bauran pemasarannya. Salah satu nya yaitu etika pemasaran dalam konteks
produk, yaitu :
·
Produk yang halal dan thoyyib;
·
Produk yang berguna dan dibutuhkan;
·
Produk yang berpotensi ekonomi atau benefit;
·
Produk yang bernilai tambah yang tinggi;
·
Dalam jumlah yang berskala ekonomi dan sosial;
·
Produk yang dapat memuaskan masyarakat.
Dalam etika pemasaran tersebut, Anda dapat
melakukan suatu bisnis dengan seperti mengikuti suatu jenis marketing affiliasi
yang bergabung dengan jaringan dalam memiliki etika tersebut. Contohnya
jaringan terbaik yang sudah terkenal dalam program affiliasi nya yaitu
jaringan TAXSIA.
Terlebih lagi di dalam taxsia menyediakan
berupa jenis affiliator non blogger yang dapat membantu dalam menghasilkan
keuntungan yang lebih maksimal seperti tujuan bisnis yaitu sama-sama saling
menguntungkan.
Sekian paparan mengenai etika dalam berbisnis. Dengan memiliki etika yang baik, perusahaan akan memiliki daya saing yang tinggi hingga memiliki kemampuan dalam menciptakan nilai. Untuk menciptakan etika bisnis, Anda harus memulainya dengan perencanaan yang strategis, organisasi yang baik dan sistem prosedur yang transparan. Semoga bermanfaat